Selasa, 21 September 2010

Uskup Jerman Mengundurkan Diri Usai Pemukulan Anak-Anak

Uskup Jerman Mengundurkan Diri Usai Akui Pemukulan Anak-anak
Rita Uli Hutapea - detikNews


Berlin - Salah seorang uskup terkemuka Jerman mengundurkan diri. Pengunduran diri tersebut telah diajukan Walter Mixa ke Paus Benediktus XVI.

Pengunduran diri dilakukan setelah Mixa memberikan pengakuan bahwa dirinya pernah memukuli anak-anak di panti asuhan. Surat pengunduran diri telah disampaikan uskup Augsburg di Jerman selatan itu kepada Paus pada Rabu, 21 April lalu.

Demikian diberitakan harian lokal Jerman, Augsburger Allgemeine seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (23/4/2010).

Belum jelas apakah Paus akan secara otomatis menerima pengunduran diri itu.

Semula Mixa membantah tudingan bahwa dirinya pernah memukuli anak-anak di sebuah panti asuhan Katolik Roma pada tahun 1970-an dan 1980-an silam. Namun belakangan, Mixa yang juga merupakan uskup di militer Jerman, mengakui perbuatan tersebut.

Kemudian pada Selasa, 20 April lalu, Mixa secara terbuka menyampaikan permohonan maaf atas perbuatannya itu. Namun Mixa tidak dituduh melakukan pencabulan ataupun kekerasan seks seperti yang dituduhkan kepada pastur-pastur di berbagai belahan dunia.

Beberapa bulan terakhir, gereja Katolik Roma diterpa berbagai skandal seks pastur paedofil. Ratusan korban di Jerman dan negara-negara lain di Eropa, Amerika Serikat serta negara-negara Amerika Latin membeberkan kejahatan seks yang dilakukan para pastur paedofil.

Paus Benediktus XVI bahkan dituding mengetahui sebagian skandal seks pastur tersebut namun tidak mengambil tindakan tegas untuk menghentikannya. Vatikan berulang kali membantah tudingan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar