Selasa, 21 September 2010

Keuskupan AS Dituntut Atas Skandal Seks Asal India

Keuskupan AS Dituntut Atas Skandal Seks Pastur Asal India
Rita Uli Hutapea - detikNews


Minnesota - Untuk kesekian kalinya Vatikan dituding menutup-nutupi skandal seks para pastur. Kali ini tudingan tersebut dilontarkan pengacara AS, Jeffrey Anderson, yang menuntut keuskupan Minnesota, AS, atas kasus pelecehan seksual oleh pastur Joseph Jeyapaul.

"Kami sedih dan kami cemas. Sedih karena begitu banyak anak yang telah terluka dan karena petinggi-petinggi Vatikan tidak memahami ini dan tetap menyangkal," cetus Anderson seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (6/4/2010).

Pembeberan skandal seks anak oleh para pastur dan dugaan ditutup-tutupinya kasus tersebut oleh Vatikan bahkan Paus Benediktus XVI muncul nyaris setiap hari di beberapa negara belakangan ini.

Bulan lalu, Anderson mengajukan gugatan hukum yang melibatkan seorang pastur AS di Wisconsin, Lawrence Murphy, yang dituduh telah mencabuli sebanyak 200 anak laki-laki di sekolah khusus tuna rungu sejak tahun 1950-an hingga 1970-an.

Kini Anderson kembali mengajukan tuntutan terkait skandal seks pastur Joseph Jeyapaul yang pernah bertugas di Minnesota. Jeyapaul dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap dua remaja perempuan yang dimulai enam tahun lalu.

Anderson saat ini mengajukan tuntutan terhadap keuskupan Minnesota. Bahkan kemungkinan dia juga akan menuntut sebuah gereja di India, tempat pastur Jeyapaul kini bekerja.

Dalam laporan kepolisian yang disampaikan Anderson, Jeyapaul pernah mengatakan kepada salah satu korbannya bahwa "berdosa jika korban tidak menyentuhnya."

Jeyapaul telah kembali ke negara asalnya, India. Pria berusia 55 tahun itu kini bekerja di keuskupan Ootacamund di India, di kantor yang mengevaluasi para guru.
(ita/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar