Selasa, 21 September 2010

Pastur Paedofil Berumur 83 Tahun Ditangkap di Brasil

Pastur Paedofil Berumur 83 Tahun Ditangkap di Brasil
Rita Uli Hutapea - detikNews


Brasilia - Skandal seks pastur-pastur paedofil terus terkuak. Seorang pastur berumur 83 tahun ditahan di Brasil karena diduga mencabuli sejumlah bocah dan remaja laki-laki. Kasus yang menimpa Monsignor Luiz Marques Barbosa dan dua pastur Brasil lainnya itu ramai diberitakan media Brasil.

Skandal ini menghebohkan Brasil ketika jaringan televisi Brasil, SBT bulan lalu menyiarkan video rekaman Barbosa sedang berada di ranjang bersama seorang remaja putra berumur 19 tahun. Rekaman itu tersebar luas di internet.

Menurut SBT, seperti dilansir News.com.au, Selasa (20/4/2010), video tersebut diam-diam direkam pada Januari 2009 dan dikirimkan oleh orang tak dikenal ke stasiun televisi tersebut.

Buntut rekaman itu, parlemen Brasil pun mengadakan investigasi. Hasil penyelidikan, Barbosa dituduh telah mencabuli anak-anak dan remaja laki-laki. Korban Barbosa paling muda berumur 12 tahun. Pastur lanjut usia itu pun ditangkap polisi Brasil pada Minggu, 18 April lalu.

Hakim Romulo Vasconcelos mengatakan pada stasiun televisi Globo TV, dirinya telah memerintahkan penahanan segera Barbosa karena khawatir pastur paedofil itu akan kabur ke luar negeri.

Menurut para penyidik, lebih dari 20 saksi mata telah dipanggil dan sebagian dari mereka bersaksi bahwa Barbosa dan dua pastur Brasil lainnya telah mencabuli anak-anak dan remaja laki-laki. Para korban mengaku dihadiahi pakaian, uang dan hadiah lainnya dari Barbosa.

Gereja Katolik Roma terus diterjang skandal seks para pastur paedofil di Eropa, Amerika Serikat dan Amerika Latin. Vatikan dan Paus Benediktus XVI bahkan dituding mengetahui sebagian kasus-kasus itu namun tidak mengambil tindakan tegas terhadap para pastur paedofil. Namun Vatikan berulang kali membantah tudingan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar