Selasa, 04 Januari 2011

Ingatan Payah Muncul dari Mulut yang Tidak Sehat

Susah mengingat nama orang, rute jalan atau sederet angka menandakan kesehatan mulut seseorang kurang sehat. Sebuah penelitian membuktikannya.

Dr. Bei Wu, seorang gerontologis dari University of North Carolina at Greensboro telah melakukan studi untuk mengetahui hubungan antara kesehatan mulut dan daya ingat.
Para peneliti sebenarnya telah lama mempelajari hubungan tersebut. Kesehatan mulut dicurigai menjadi salah satu penyebab mengapa daya ingat seseorang rendah.

Seperti dilansir Health24, Selasa (21/7/2009), sebanyak 273 pasien dari West Virgina melakukan tes kemampuan otak, evaluasi kesehatan gigi, dan cek darah untuk mengetahui ada atau tidaknya protein yang menyebabkan kemampuan otak berkurang. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang memiliki daya ingat rendah ternyata memiliki kesehatan mulut yang buruk.

"Sudah semakin jelas dan dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan sehat yang utuh, seseorang harus mempunyai kesehatan mulut yang baik," ujar Dr Richard Crout, ahli penyakit mulut dari West Virginia University School of Dentistry, Morgantown.

Dr. Wu dan Crout melaporkan bahwa mulut yang tidak sehat akan mempengaruhi fungsi otak, terutama menjelang dewasa. Namun studi ini akan terus dikembangkan untuk mengetahui adanya faktor status sosial ekonomi dan kondisi medis, terutama penyakit kardiovaskular.

"Mulut yang tidak sehat memang diketahui dapat mempengaruhi kesehatan jantung, stroke, diabetes, dan juga penyakit alzheimer," ujar Crout.

Hal ini dibenarkan oleh Dr Tengku Bahdar Johan SpPD, seorang spesialis penyakit dalam dari rumah sakit Bintaro Jakarta yang sering mendapatkan kasus-kasus penyakit dalam yang bersumber dari mulut.

"Saya sering mendapatkan pasien yang mengeluh sakit tertentu, dan setelah diperiksa dan didiagnosisi, ternyata sumber penyakitnya adalah mulut," ujar Bahdar.

Mulut dan gigi ternyata erat kaitannya dengan penyakit yang menyerang organ, seperti jantung (endocarditis), otak (abses), paru (pneumonia), kulit (urticaria/biduran), tulang (radang sebdi), dan jaringan lunak (selulit).

Menurut Bahdar, infeksi pada gigi dan gusi bisa menyebar dan merembet ke dalam tubuh melalui pembuluh darah, yang akhirnya menimbulkan penyakit sistemik dalam tubuh.

"Jadi jika suatu saat terdeteksi suatu penyakit dalam tubuh, sebaiknya cek dulu, apakah kesehatan mulut sudah baik atau belum, karena bisa jadi awalnya dari mulut. Dan pengobatan pun harus dimulai dari mulut," ujar Bahdar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar