Senin, 18 Oktober 2010

Rencana Bisnis Alumni 145

Minggu, 1 Agustus 2010- di sore yang mendung.
Di rumah Syarifudin “Pelor” pukul 16.00

PENGANTAR

Yang hadir : Team 7 (Naiji, Pelor, Bertinus plus “Ranto” Suranto) Tiem 7 tidak lengkap,
Rudolf ada urusan kerja, Irvan ada arisan keluarga, Lili nyekar almarhum suami dan keluarga. Euis tidak ada kabar (sulit sekali dihubungi) Tidak apa-apa sih. Walaupun begitu kita tetap menjalankan amanah yang diberikan panitia reuni dan kawan-kawan alumni untuk menuangkan ide bisnis menyambung yang sudah pernah dilakukan pada waktu pembubaran panitia reuni tanggal 27 Juni 2010, Minggu dirumah Nelly Oktiana.

LATAR BELAKANG REKAN-REKAN ALUMNI

Setelah kita berkumpul sampai beberapa kali reuni (Taman Mini, Setu Babakan dan terakhir BonBin Ragunan), maka diperolehlah data-data yang memang belum akurat karena tujuan kita bukan mengadakan sensus bisnis tapi reuni kemarin sekedar temu kangen. Yaitu : diantara kita semua memiliki profesi :

- Ibu rumah tangga
- Karyawan swasta
- Pegawai negeri
- Wiraswasta
- Tenaga Pengajar
- dll

Dan bisa jadi kawan-kawan semua sudah matang secara financial, segala sesuatu sudah tercukupi, walau ada juga dari antara kita yang sedang dan terus berjuang untuk mencukupi kebutuhan hidup bersama keluarganya. Anggaplah bisnis ini merupakan tabungan atau pasif income yang akan menambah penghasilan kita walau belum seberapa untuk dirasakan, karena memang ini baru permulaan.

Maka untuk mendukung bisnis yang akan kita jalani ini dibutuhkan :
• satu hati atau biasa kita sebut sehati
• satu pemikiran
• satu keinginan untuk maju
• satu keseriusan

RENCANA BISNIS

Adapun rencana bisnis yang akan dipaparkan, dibahas dan ditempuh, oleh rekan-rekan alumni hanya 2 (dua) saja dari 4 (empat) yang pernah dituangkan seblumnya yaitu UKM, Warung Pecel Lele, Warung Nasi, dan Koperasi. Dua pilihan bisnis ini adalah :

1. USAHA FOTO COPY
2. SEMBAKO BERAS

Ad. 1 USAHA FOTO COPY

- Mesin fotocopy sudah ada yang akan menyewakan/dibeli dan belakang akan menjadi hak milik Paguyuban Alumni 145 Angkatan 1987. Mesin fotocopy ditambah dengan cara penggunaan dan pemeliharaan yang akan membuat mesin awet dan mungkin akan bertambah tidak hanya satu unit, mungkin bisa lebih.
- Lahan akan dicari/diusahakan milik rekan-rekan alumni yang berdekatan dengan sekolah, pasar, sarana umum. Sistem sewa diberlakukan, namun jika ada yang merelakan lokasi rumahnya untuk digunakan bisnis ini, itu lebih baik.
- Juga akan diisi dengan penjualan ATK (Alat Tulis Kantor), Pulsa Isi Ulang, minuman ringan dan snack, dll.
- Operasional akan dijalankan diutamakan bagi rekan-rekan yang masih menganggur, kena PHK atau bisa juga kita latih dan serahkan kepada anak-anak kita, baik yang mau terjun kerja atau sekedar magang.
- Karyawan yang bekerja akan diberlakukan system gaji atau komisi (Ini berdarkan kesepatakan bersama para alumnus 145)
- Sistem bagi hasil akan dibicarakan juga apakah system per bulan, per 6 bulan atau per tahun. Jika dipilih yang per tahun, bisa kita bayangkan jika ada reuni tahun berikut, kita para alumnus tinggal datang bawa badan bersama keluarga, tanpa bayar karena sudah ditalangi oleh laba hasil usaha kita bersama. Dan tidak tertutup kemungkinan pulangnya kita akan dibekali amplop masing-masing sebagai sisa hasil usaha yang selama ini kita rintis.

Ad. 2 SEMBAKO BERAS

- Beras disuplai dari Cipinang (bukan penjara di Cipinang ya…) atau dari tempat lain yang bisa memberikan harga murah. Akan dibahas dalam rapat (termasuk jenis beras)
- Dibutuhkan gudang penyimpanan di tiga atau empat titik tempat tinggal rekan-rekan alumnus (Menteng Dalam, Depok, Bekasi). Bisa sewa gudang atau tempat tinggal rekan-rekan alumnus.
- Dibutuhkan tenaga pengirim dan tenaga admistrasi
- Dibutuhkan kendaraan (mulai dari motor) untuk pengiriman ke temat rekan-rekan
- Atau rekan-rekan bisa ambil sendiri ke gudang penyimpanan milik Paguyuban Alumni 145 yang sudah disepakati bersama
- Diharapkan rekan-rekan tidak membeli di tempat lain (ini baru harapan…) karena ini bisnis dari kita oleh kita dan untuk kita, walau ini masih harus disepakati bersama mengingat rekan-rekan juga ada kebutuhan yang berbeda-beda
- Sistem pengambilan beras bisa bulanan atau mingguan.






PENGUMPULAN DANA UNTUK MEMULAI BISNIS

Karena bisnis ini dilaksanakan dari kita, oleh kita dan untuk kita sesama rekan-rekan alumnus 145 angkatan 1987, maka akan diambil kesepakatan untuk membuka rekening bersama yang akan diisi oleh rekan-rekan alumnus. Kesepakatan-kesepakatan lain yang akan dirapatkan secara bersama adalah :

- pengumpulan dana sebesar Rp. 2.000.000,- per orang (masih bisa dibahas lagi) di
setor per bulan dengan besaran pilihan sebesar Rp. 25.000,-, Rp. 50.000,- atau Rp.
100.000,- sesuai kemampuan. Karena ini menyangkut masalah uang (sesuatu yang
sangat-sangat sensitif sekali) maka hal ini perlu dipertimbangkan matang-matang
mengingat akan ada pengeluaran tambahan yang harus disepakati bersama oleh suami dan istri masing-masing alumnus.

- akan ditunjuk bendahara dan pemilik rekening (atas nama dua orang) yang akan disetujui bersama,

- bunga bank yang diperoleh tiap bulan yang sudah dipotong pajak akan menjadi milik bersama seluruh alumnus

- hal-hal lain (mengenai uang ini) akan dibahas pada rapat-rapat berikut

Maka kesepakatan akan diambil secara bersama-sama, mungkin dalam pertemuan-pertemuan berikut (bisa pada acara buka puasa bersama di bulan Agustus 2010 ini) atau pada kesempatan lain sampai betul-betul ditemukan kata sepakat untuk segera memulai rencana bisnis kita ini.


Jakarta, Awal Agustus 2010

Hormat kami

Team 7 Alumnus 145, Angkatan 1987.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar