Selasa, 27 Januari 2015

Keluarkan Satu Kaki dari Selimut Agar Tidur Lebih Nyenyak...



Keluarkan Satu Kaki dari Selimut Agar Tidur Lebih Nyenyak...

Saya mulai memikirkan hal itu baru-baru ini ketika saya iseng mengobrol dengan seorang teman tentang betapa cuaca di New York saat ini nyaman dan dingin, dan betapa nyenyaknya tidur ketika cuaca di luar lebih dingin. Dia menjawab dengan sebuah formula untuk tidur malam yang sempurna: “Satu kaki keluar dari bawah selimut, dan angin sepoi-sepoi dari jendela.”

Saya kemudian sadar ternyata selama ini saya melakukan hal yang sama, membiarkan satu kaki saya keluar dari selimut, tapi jujur saya tidak tahu kenapa saya melakukannya. Untuk mengetahuinya, saya berbicara dengan Natalie Dautovitch, seorang juru bicara dari National Sleep Foundation dan seorang profesor psikologi di Universitas Alabama.

Penelitian Dautovitch berfokus pada chronopsychology, yaitu tentang bagaimana rutinitas dan ritme biologis kita berfluktuasi sepanjang hari dan malam, serta tentang bagaimana hal tersebut memengaruhi kesehatan dan hidup kita. Meski dia mengatakan tidak pernah ada penelitian mana pun yang secara spesifik mengarah pada pertanyaan saya, dia menggunakan beberapa teori berdasarkan penelitiannya.
Menurutnya itu ada hubungannya antara tidur dan suhu.

Para peneliti tidur menemukan bahwa sebelum Anda tertidur, suhu tubuh Anda mulai menurun, dan ketika sampai pada tahap tidur nyenyak, tubuh Anda berada pada suhu yang paling dingin, sekitar satu atau dua derajat di bawah normal.

Para peneliti meyakini bahwa suhu yang lebih dingin bisa menyebabkan kantuk. Meski proses penurunan atau pendinginan suhu sebelum tidur itu terjadi secara alami, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses tersebut, misalnya dengan mandi air hangat sebelum tidur. Ketika Anda meninggalkan bak mandi, suhu tubuh Anda akan dengan cepat mendingin, memicu perasaan mengantuk. Meminum minuman hangat juga bisa memberikan efek serupa.

Kembali ke masalah kaki, “Kemungkinan kaki sedang berusaha untuk mendinginkan tubuh karena suhu tubuh kita masih terlalu hangat untuk tidur,” kata Dautovitch.

Tapi kenapa harus kaki? Permukaan kulit dari telapak tangan dan kaki kita sangat unik, Dautovitch menjelaskan, karena keduanya tidak memiliki rambut dan karena mereka mengandung struktur vaskular khusus yang membantu mengeluarkan panas tubuh. Secara khusus, tangan dan kaki berisi pembuluh darah yang disebut arteriovenous anastomoses – yang ditambah dengan tidak adanya rambut pada bagian bawah kaki Anda – menjadi desain sempurna untuk membantu melepaskan panas tubuh.

Jadi, jika kita menggabungkan hal tersebut dengan apa yang diketahui para ilmuwan tentang penurunan suhu tubuh saat tidur, maka sangat mungkin bahwa “membiarkan satu kaki Anda berada di luar selimut akan membuat kualitas tidur lebih baik,” kata Dautovitch.

Secara umum orang-orang cenderung tidur sangat nyenyak di ruangan yang lebih dingin, sekitar 19 derajat Celcius, ujarnya. Jadi jika Anda butuh suhu yang tepat untuk tidur, nyalakan AC atau kipas angin saja. (dh/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar